Ciri Hidup Masyarakat Zaman Perundangan Terlengkap

loading...
Zaman perundagian disebut pula dengan zaman logam. Zaman ini ialah salah satu tahapan dalam perkembangan kehidupan manusia. Pada zaman ini insan sudah bisa menciptakan atau mengolah logam menjadi benda- benda yang dipakai dalam kehidupan sehari- hari. Kebudayaan ini pun terpengaruh dari kebudayaan Dongson yang berasal dari Vietnam yang masuk ke Indonesia ketika sekitar tahun 500 SM.
Zaman perundagian disebut pula dengan zaman logam Ciri Hidup Masyarakat Zaman Perundangan Terlengkap

Kehidupan sosial sudah mulai tertata dengan baik pada zaman insan purba mulai terjadi pada zaman Perundagian. Dimana pada zaman ini sistem pemerintahan pun yang disebut pula dengan sistem Primus Interperes sudah mulai diterapkan dalam kehidupan sosialnya.

Kehidupan ekonomi mereka pun sudah sedikit lebih maju. Pada zaman ini mereka sudah memiliki lahan yang tetap sebagai pertanian dan pula perkebunan. Sistem pengelolaan pertanian mereka pun dikerjakan dengan lebih baik dibanding zaman- zaman sebelumnya, meskipun masih pula memakai alat-alat dari materi dasar batu- batuan.

Pada zaman ini, insan purba sudah memiliki kehidupan sosial yang rapi. Mereka sudah memiliki pembagian kerja yang telah jelas. Mereka pula memiliki sistem pemerintahan, yakni dengan memakai sistem pemerintahan Primus Interperes.

1. Sistem kepercayaan
Pada zaman perundagian pula sudah dikenal sistem kepercayaan. Mereka memuja roh- roh para leluhur. Hal ini sama dengan kepercayaan insan pada zaman batu, namun yang membedakan iyalah alat-alat pemujaan yang terbuat dari materi dasar perunggu. Manusia purba pada zaman inilah pula melaksanakan sistem penguburan dengan menandakan tingkatan sosial mereka.

Orang-orang yang memiliki status sosial yang tinggi dimakamkan dengan upacara yang besar. Sedangkan orang- orang yang status sosialnya rendah maka akan dimakamkan tanpa adanya upacara.

Mereka sering sekali melaksanakan upacara-upacara maupun ritual guna melancarkan mata pencaharian mereka, misalnya saja upacara khusus yang diadakan oleh masyarakat pantai. Mereka menyembah kekuatan yang dianggap sebagai penguasa pantai.

Penguasa inilah yang balasannya dianggap sebagai pemberi kemakmuran pada kehidupan mereka. Sementara itu, di tempat pedalaman ataupun pertanian, upacara yang dilakukan ialah berupa persembahan-persembahan hasil bumi dan  pertanian kepada kekuatan yang dianggap juga sebagai penyokong kehidupan mereka.


2. Hasil Kebudayaan

Pada Zaman perundagian ini menghasilkan beberapa benda-benda yang terbuat dari materi logam. Benda-benda ini yaitu benda yang ditemukan para jago yang menggali di kedalam tanah dan pula sebagian besar benda yang ditemukan ialah benda-benda yang diperuntukan sebagai alat dalam upacara keagamaan. Benda-benda itu antara lain ialah, nekara, kapak corong, bejana, perunggu dan juga suplemen sederhana.

Demikian klarifikasi mengenai MASYARAKAT ZAMAN PERUNDAGIAN, agar sanggup bermanfaat
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close