Struktur Teks Mekanisme | Jenis Dan Klarifikasi Strukturnya

loading...
Seperti halnya jenis teks yang lain, teks mekanisme mempunyai struktur juga. Jika teks deskripsi hanya mempunyai satu jenis struktur, dan teks fantasi mempunyai satu jenis struktur teks. Teks Prosedur mempunyai dua jenis struktur teks sesuai dengan jenis strukturnya.

Teks mekanisme dalam bahasa Indonesia dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu cara menciptakan dan cara melakukan.


Teks Prosedur cara menciptakan ialah teks mekanisme yang berisi tahapan dan langkah-langkah untuk menciptakan sesuatu. Maka hasil simpulan dari tahapan sebuah teks mekanisme ialah sebuah produk. Yang termasuk dalam teks mekanisme cara menciptakan antara lain, resep masakan, cara menciptakan jamu dan obat tradisional, serta cara membuah hasil karya yang lain.

Teks Prosedur cara melakukan  ialah sebuah teks mekanisme yang berisi tahapan untuk melaksanakan sesuatu tindakan, gerakan, pekerjaan, atau hal. Hasil simpulan teks mekanisme jikalau diikuti langkah-langkahnya maka akan menghasilkan 'kemampuan' dan 'ke-bisa-an' yang melakukan. Kaprikornus tidak menghasilkan produk atau barang baru. Tentu struktur ini mempunyai perbedaan dibanding struktur teks mekanisme cara membuat.

Struktur Teks Prosedur Cara Membuat

Secara mudah, teks mekanisme cara menciptakan dibagi menjadi empat bagian. Empat bab inilah yang disebut sebagai struktur, yang meliputi:

1) Tujuan
2) Bahan dan Alat
3) Langkah-langkah
4) Penutup

Struktur Teks Prosedur Cara Melakukan Suatu Pekerjaan

Berbeda dengan teks mekanisme cara membuat, struktur teks mekanisme cara melaksanakan suatu pekerjaan hanya terdiri dari tiga bab yaitu:

1) Tujuan
2) Langkah-langkah
3) Penutup

Jadi, antara struktur teks mekanisme cara membuat, dan struktur teks mekanisme cara melaksanakan ada perbedaan di bab bahan dan alat. Teks mekanisme cara menciptakan membutuhkan bahan dan alat. Karena menciptakan sesuatu maka, bahan dan alat perlu dijelaskan juga.

Meskipun teks mekanisme cara melaksanakan sesuatu acapkali juga memerlukan alat, tetapi tidak memerlukan klarifikasi dan bab khusus untuk mernci alat tersebut.


Misalnya, sebuah teks mekanisme yang berjudul Cara Mematikan Komputer dengan Benar pasti membutuhkan alat yang berupa perangkat komputer yang lengkap. Tetapi dalam teks prosedurnya tidak perlu dijelaskan alasannya ialah semua alat itu sudah dalam kondisi 'normal' dan tidak perlu diolah.

Berbeda dengan teks mekanisme cara membuat. Misalnya, dalam teks mekanisme cara menciptakan Obat Tradisional Insomnia. Dalam teks tersebut diharapkan materi berupa daun ilalang. Maka, harus dijelaskan terlebih dahulu dalam struktur teks mekanisme yang berupa bahan dan alat. Daun ilalang yang bagaimana yang diharapkan dalam proses tersebut, dan seberapa banyak yang dibutuhkan.

Demikian klarifikasi perihal struktur teks mekanisme yang benar. Semoga dengan mengetahui struktur ini, kita bisa menulis teks mekanisme yang benar.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close