Penjelasan Bahan Pengertian Media Umum Beserta Karakteristik, Fungsi, Jenis Dan Efek Media Umum Berdasarkan Para Hebat Terlengkap

loading...
Media sosial yaitu sebuah tempat daring dengan para penggunanya bisa dengan simpel berpartisipasi, berbagi, membuat isikan mencakup blog, jejaring sosial, wiki, lembaga dan dunia virtual.
Media sosial yaitu sebuah tempat daring dengan para penggunanya bisa dengan simpel berp Penjelasan Materi Pengertian Media Sosial Beserta Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Dampak Media Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Antony Mayfield (2008)
Menurut Antony Mayfield, Media Sosial yaitu tempat yang penggunanya enteng berpartisipasi, bermacam dan membuat peran, lebih-lebih blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, terhitung virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).

Andreas Kaplan dan Michael Haenlien
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien , Media Sosial yaitu sebuah grup aplikasi berbasis internet yang membangun di atas basic ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang sangat mungkin penciptaan dan pertukaran user generated content.

Lisa Buyer
Menurut Lisa Buyer, Media Sosial yaitu bentuk interaksi penduduk yang paling transparan, menarik dan interaktif ketika ini

Sam Decker

Menurut Sam Decker, Media Sosial yaitu konten digital dan interaksi yang dibentuk oleh dan antar satu sama lain.

Marjorie Clayman
Menurut Marjorie Clayman, Media Sosial yaitu alat pemasaran gres yang sangat mungkin untuk tahu pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:568)
Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller, Media Sosial yaitu layanan bagi kastemer untuk bermacam isu teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007:3)
Menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba, Media Sosial yaitu situs jaringan sosial jikalau layanan berbasis situs yang sangat mungkin bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik didalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan lihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibentuk oleh orang lain dengan suatu sistem.


Karakteristik Media Sosial

Adapun karakteristik atau beberapa ciri tempat sosial yaitu:

Partisipasi
Media sosial mendorong donasi dan umpan balik berasal dari setiap orang yang tertarik atau berminat menggunakannya, sampai bisa mengaburkan batas antara tempat dan audience.

Keterbukaan
Kebanyakan tempat sosial yang terbuka bagi umpan balik dan terhitung partisipasi lewat layanan voting, menyebarkan dan terhitung komentar. Terkadang batasan untuk membuka dan memanfaatkan isikan pesan (perlindungan password terhadap isikan cenderung diakui aneh).

Perbincangan

Media sosial sangat mungkin terjadinya percakapan ataupun pengguna secara dua arah.

Keterhubungan
Kebanyakan tempat sosial berkembang pesat alasannya punyai suatu kebolehan yang bisa melayani keterhubungan antar pengguna, lewat suatu layanan tautan (links) ke website, sumber isu dan bagi pengguna lainnya.

Fungsi Media Sosial

Adapun kegunaan tempat sosial yaitu:

  • Untuk memperluas interaksi sosial insan dengan memanfaatkan internet dan teknologi web
  • Mentransformasi praktik komunikasi searah tempat siaran berasal dari satu institusi tempat ke banyak audience (one to many) ke didalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many).
  • Mendukung demokratisasi pengetahuan dan terhitung informasi.
  • Mentranformasi insan berasal dari pengguna isikan pesan jadi pembuat pesan itu sendiri.
Menurut Puntoadi (2011:5), pemakaian tempat sosial punyai fungsi, diantaranya yaitu:

  • Membangun personal branding lewat sosial tempat yaitu tidak mengenal kiat atau popularitas semu, alasannya audiens yang sanggup menentukan. Berbagai sosial tempat jadi tempat untuk orang yang berkomunikasi, berdiskusi dan lebih-lebih menberikan sebuah popularitas di tempat sosial.
  • Memberikan sebuah kesempatan yang berfaedah interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial tawarkan content komunikasi yang lebhi individual. Melalui tempat sosial pula bermacam para pemasar bisa tahu formalitas berasal dari kastemer mereka dan melaksanakan suatu interaksi secara personal serta bisa membangun sebuah ketertarikan yang lebih dalam.

Jenis-Jenis Media Sosial

Menurut Kotler dan Keller, tersedia tiga platform utama untuk tempat sosial yaitu:

Online Communities And Forums
Terdapat bermacam bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, dimana itu banyak dibentuk oleh pelanggan atau grup pelanggan tanpa ada bunga komersial maupun afiliasi perusahaan. Sebagian komunitas online dan lembaga ini disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain yang lewat posting, instant, messaging, dan terhitung chatting yang berdiskusi berkenaan minat spesifik yang bisa berafiliasi dengan product perusahaan dan merek.

Blogs
Terdapat kira-kira tiga juta pengguna blog dan mereka terlampau beragam, beberapa berupa blog privat untuk teman-teman dekat dan keluarga, serta yang lainnya dibentuk untuk menjangkau dan memengaruhi khalayak luas.

Social Networks
Jaringan sosial telah jadi kebolehan yang penting baik didalam perjuangan kastemer dan terhitung pemasaran perjuangan ke bisnis. Salah satunya yakni facebook, messanger, twitter dan lain sebagainya. Jaringan yang berbeda berikut tawarkan kegunaan yang berbeda untuk perusahaan.

Menurut Puntoadi (2011:34), tersedia beberapa macam tempat sosial, diantaranya yaitu:

Bookmarking
Bookmarking memperlihatkan kesempatan untuk menshare link dan tag yang diminati. Hal berikut memiliki tujuan biar setiap orang bisa nikmati yang kami sukai.

Content Sharing
Melalui situs content menyebarkan berikut orang membuat bermacam tempat dan publikasi untuk menyebarkan dengan orang lain. YouTube dan Flikr merupakan situs content menyebarkan yang biasa dikunjungi oleh banyak orang..

Wiki
Sebagai situs yang punyai bermacam karakteristik yang berbeda jikalau situs information sharing, wikitravel yang berfokus terhadap isu tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif.

Flickr
Situs yang dimiliki yahoo mengkhususkan image menyebarkan dengan kontributor yang pakar di setiap bidang fotografi di semua dunia. Flickr mengakibatkan photo catalog yang setiap product bisa dipasarkan.

Social Network
Aktivitas yang memanfaatkan fitur yang di sajikan oleh situs spesifik menjalin sebuah hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking berikut diantaranya linkedin, facebook, dan MySpace.

Creating Opinion
Media sosial ini memperlihatkan layanan menyebarkan opini dengan orang lain di semua dunia. Melalui creating opinion, semua orang bisa jadi penulis, jurnalis dan sekaligus komentator.

Menurut Kaplan dan Haenlein, jenis-jenis tempat sosial diantaranya yaitu:

Konten
Pengguna situs ini mengklik setiap konten saham konten media, jikalau layaknya gambar, video, ebook dan lain sebagainya.

Proyek Kolaborasi
Situs ini sangat mungkin pengguna bisa mengubah, menambah, ataupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Contohnya layaknya wikipedia.

Blog dan Microblog
Pengguna bebas didalam mengekspresikan suatu hal hal jikalau ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. misalnya twitter.

Virtual Game World
Sebuah dunia maya, didalam lingkup 3D mengreplikasikan pengguna didalam bentuk yang di idamkan dan berinteraksi dengan orang lain baik dunia nyata.

Virtual Social World
Virtual dunia yang pengguna mulai hidup dunia maya, jikalau dunia game virtual berinteraksi dengan orang lain. Namun, dunia virtual sosial lebih luas dan lebih ke arah kehidupan jikalau second life.


Dampak Media Sosial

Adanya tempat sosial tentu saja punyai imbas positif/baik dan imbas negatif/buruk. Adapun imbas positif dan imbas negatif tempat sosial, diantaranya yaitu:

Dampak Positif Media Sosial
Adapun imbas positif tempat sosial yaitu:
  • Mempererat silaturahim
  • Menyediakan area untuk berpesan positf. Sosial tempat telah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, dan terhitung ulama.
  • Mengakrabkan interaksi pertemanan.
  • Menyediakan isu yang sempurna dan akurat.
  • Menambah wawasan dan pengetahuan.

Dampak Negatif Media Sosial

Adapun imbas negatif tempat sosial, yaitu:
  • Penipuan
  • Pornografi
  • Prostitusi
  • Sarana penyebaran ideologi paling efektif dan efisien.
  • Anak dan sampaumur jadi malas mencar ilmu berkomunikasi di dunia nyata.
  • Situs jejaring sosial jadi tempat bagi orang tidak bertanggung jawab untuk melaksanakan kejahatan
  • Remaja dan anak, mudahnya mengeluarkan bhs apa-pun di tempat sosial

Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close