Sejarah Inovasi Virus Adolf Meyer

loading...
Jika seseorang pernah terkena penyakit cacar (yang disebabkan oleh virus) maka selama hidupnya virus itu selalu ada dalam tubuhnya. Hal itu ternyata bermanfaat lantaran keberadaan virus cacar dalam badan orang itu menyebabkannya kebal terhadap serangan cacar berikutnya. Lain halnya kalau seseorang pernah terkena serangan virus herpes, suatu ketika penyakit itu akan muncul kembali kalau kondisi ketahanan tubuhnya menurun.

Jika seseorang pernah terkena penyakit cacar  Sejarah Penemuan Virus Adolf Meyer


Kedua penyakit terse­but (cacar dan herpes) ialah penyakit yang di­sebabkan oleh serangan virus. Namun, keduanya memiliki sifat serangan yang berbeda. Apakah virus itu? Bagaimanakah bentuk virus? Bagaimanakah ciri-ciri virus? Untuk menjawab pertanyaan itu, marilah kita bahas virus pada cuilan ini.

Virus ialah salah satu faktor penyebab penyakit. misalnya influenza dan flu burung, Kita tentu sudah tahu. Namun, tahukah Kita menyerupai apakah bentuk virus itu? Makhluk hidupkah dia? Benda matikah dia?

Keberadaan virus mulai diketahui semenjak inovasi Adolf Meyer, seorang ilmuwan Jerman , pada tahun 1883.Meyer menyelidiki penyakit bintik kuning pada tanaman tembakau yang bersifat menular. Eksfrak daun tembakau yang terkena penyakit bintik kuning yang disuntikkan pada tanaman tembakau sehat ternyata menularkan penyakit bintik kuning.

Penelitian itu diulang oleh Dmitri Ivanowsky pada tahun 1893. Oleh Ivanowsky, ekstrak daun tembakau yang terkena penyakit kuning disaring dengan saringan bakteri. Hasil penyaringan itu masih menimbulkan penyakit kuning kalau disuntikkan pada tanaman tembakau yang sehat. Berdasarkan hal itu, disimpulkan bahwa penyebab penyakit itu berukuran lebih kecil dari kuman lantaran lolos dalam saringan bakteri.

Pada tahun 1897, spesialis mikrobiologi Belanda berjulukan M. Beijerinck melaksanakan percobaan terhadap penyakit bintik kuning itu. Hasil percobaannya menawarkan bahwa patogen (penyebab penyakit) itu hanya bisa berkembang biak pada makhluk hidup. Pada tahun 1935, seorang ilmuwan Amerika Serikat berjulukan Wendell Stanley, mencoba mengkristalkan patogen itu.

Walaupun sudah dikristalkan. patogen itu masih bisa menimbulkan penyakit kalau disuntikkan pada tanaman tembakau yang sehat. Stanley memberi namanpatogen itu tobacco mosaic virus atau TMV (virus mosaik tembakau). Virus berasal dari bahasa Latin yang berarti racun atau bersifat membunuh.

Demikian klarifikasi mengenai SEJARAH PENEMUAN VIRUS, biar bisa bermanfaat.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close