Pengertian Biografi Beserta Ciri-Ciri Dan Struktur Biografi Terlengkap

loading...
Pengertian Biografi Beserta Ciri-Ciri dan Struktur Biografi Terlengkap - Biografi diambil dari bahasa populer yaitu Yunani, yaitu bios yang berarti hidup dan graphien yang berarti tulis. Biografi ialah sebuah karya goresan pena yang mengulas wacana kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi sanggup diartikan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang.

 Biografi diambil dari bahasa populer yaitu Yunani Pengertian Biografi Beserta Ciri-Ciri dan Struktur Biografi Terlengkap

Biografi ialah kisah atau keterangan wacana kehidupan seseorang. Penjelasan biografi tersebut sangat detail yaitu dari kehidupan seorang tokoh semenjak kecil hingga tua, bahkan hingga tokoh tersebut meninggal. Semua yang menjadi karyanya atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Teks biografi disusun atau ditulis oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

Umumnya yang diceritakan oleh biografi ialah tokoh sejarah, Namun banyak juga orang yang masih hidup dan orang yang kini terkenal. Yang diharapkan oleh biografi ialah materi utama dan juga materi pendukung. Bahan utamanya yaitu benda-benda, misalnya yaitu catatn setiap hari, surat-surat, kliping koran, dan banyak teladan lainya. Dan materi pendukung ialah berupa biografi lain, buku referensi, sejarah yang menunjukan profil orang dalam biografi tersebut dan sebagainya.

Ada dua jenisnya yaitu biografi singkat dan panjang, ciri khas biografi singkat ialah berisi fakta-fakta kehidupan seseorang dan tugas yang penting. Sedangkan biografi panjang terdiri dari informasi penting yang dikisahkan dengan lebih detail dan ditulis dengan gaya bercerita yang baik.

Ciri-Ciri Biografi

Adapun ciri-ciri biografi, diantaranya yaitu:
  • Biografi mempunyai struktur yang terdiri atas : orientasi, kejadian atau masalah, serta reorientasi.
  • Biografi memuat menurut informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
  • Faktualnya (fakta) menurut pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.
Hal yang perlu diperhatikan dalam teks biografi, diantaranya yaitu :
a. Judul biografi
b. Hal yang menarik dan mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
c. Hal yang mengagumkan dan mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
d. Hal yang sanggup di teladan atau diteladani dari kehidupan tokoh.

Struktur Biografi
Struktur biografi terdiri atas orientasi, kejadian dan masalah, reorientasi. Diantaranya yaitu:

Orientasi
Orientasi ialah daerah dimana menjelaskan wacana pengenalan tokoh, berisi citra awal wacana tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.

Peristiwa dan Masalah
Bagian kejadian atau kejadian ialah bab yang menceritakan wacana sebuah sejarah atau kejadian yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat mengenai dilema yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan pada bab ini.

Reorientasi
Reorientasi ialah bab epilog dari biografi. Bagian reorientasi ini berisi wacana pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, artinya bab ini boleh ada atau tidak.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close