Perbedaan Materi Dan Alat Dalam Teks Mekanisme

loading...
Jika ada pertanyaan apa bedanya materi dan alat? Sebagian dari kita mungkin memahami perbedaan alat dan bahan. Tapi mungkin sebagian lagi mengerti, tapi tidak dapat menjelaskan. Mungkin ada pula yang masih kebingungan perbedaan alat dan baha.

Berikut ini yaitu klarifikasi yang singkat dan simpel, disertai misalnya antara materi dan alat.



Dalam sebuah teks prosedur, khususnya teks mekanisme cara membuat, maka ada cuilan (struktur) yang berupa materi dan alat. Kebanyakan yang ditampilkan dalam teks mekanisme cara membuat, 'hanya' bahannya saja. Alat sangat jarang dijumpai dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas 7.

Salah satu pola dalam teks mekanisme Cara Membuat Batik Tulis, ada cuilan materi dan alat. Namun tidak dirinci, mana yang materi dan mana yang alat.

Sebelum memilah, mana yang termasuk materi dan mana yang termasuk alat, ada baiknya kalau dipahamai terlebih dahulu apa pengertian dan ciri-ciri materi serta apa pengertian dan ciri-ciri alat.

Bahan yaitu barang atau benda yang menjadi materi utama dan materi pendukung sebuh proses aktivitas menciptakan sesuatu. Bahan biasanya berubah bentuk, berkurang, dan tidak sama antara sebelum dan sesuadah proses membuat.

Contoh bahan, dalam menciptakan tempe goreng. Yang termasuk bahan adalah: tempe, minyak, air, dan bumbu. Keempat hal ini niscaya berubah bentuk, bahkan habis tak tersisa sehabis langkah-langkah dalam teks mekanisme dilakukan.

Alat yaitu benda atau alat pendukung yang dipakai dalam menciptakan atau mengikuti langkah-langkah sebuah teks prosedur.

Contoh alat, dalam menciptakan tempe goreng. Yang termasuk alat yaitu wajan, pisau, talenan, spatula, serok, dan alat pendukung yang lainnya. Jadi, alat mungkin hanya kotor tetapi tidak pernah berubah bentuk apalagi habis, selama proses pembuatan sesuai dengan teks mekanisme cara membuat.

Jika materi dan alat dalam teks mekanisme cara menciptakan kuliner dan minuman sangat gampang dibedakan, lain halnya kalau menciptakan sesuatu yang bukan makanan. Misalnya dalam teks prsedur Cara Membuat Layang-Layang.

Yang termasuk materi dalam teks tersebut niscaya bambu sebagai rangka layang-layang. Kertas. Benang, dan Lem. Benang dan Lem termasuk materi sebab niscaya berkurang.

Yang termasuk alat yaitu pisau dan gunting. Kedua alat ini merupakan alat utama untuk menciptakan sebuah layang-layang.

Semoga goresan pena singkat dan sederhana ini dapat memperjelas perbedaan antara materi dan alat.

Salam Pustamun!
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close