Mengidentifikasi Tujuan Teks Mekanisme Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp/Mts

loading...
Teks mekanisme ialah jenis teks yang berisi mekanisme atau cara atau tahapan yang sanggup dilakukan oleh pembaca. Teks mekanisme ada untuk membantu pembaca dalam melaksanakan, membuat, atau melaksanakan suatu hal.

Ada tiga teks mekanisme yang dibahasa dalam goresan pena ini, yaitu teks mekanisme yang berjudul: Cara Memainkan Angklung; Cara Membuat Obat Radisional Insomnia; dan Cara Melakukan Gerakan Tari Tor-Tor.

Jadi, masing-masing teks mekanisme mempunyai tujuan sendiri. Berikut ini ialah pembahasan mengenai tujuan sebuah teks mekanisme di atas.

Kita lihat tujuan teks mekanisme di atas sanggup dilihat dari judulnya. Bandingkan ketiga judul tersebut. Pasti diawali dengan kata 'cara'. Makara ada kemiripannya, semuanya ialah cara untuk. Tinggal diadaptasi dengan judul teksnya.

Judul teks mekanisme yang pertama ialah Cara Memainkan Angklung berarti teks tersebut mempunyai tujuan untuk memandu orang lain untuk memainkan alat musik angklung dengan urutan yang tepat.

Judul teks mekanisme yang kedua ialah Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia berarti teks mekanisme tersebut bertujuan untuk membantu pembaca biar sanggup menciptakan obat insomnia secara tradisional  dengan langkah-langkah yang tepat.

Judul teks mekanisme yang ketiga ialah Cara Melakukan Gerakan Tari Tor-tor. Teks mekanisme tersebut mempunyai tujuan biar pembaca sanggup mengikuti gerakan tari Tor Tor.

Selain mempunyai judul yang mirip, yaitu sama-sama cara, teks mekanisme tersebut juga mempunyai kemiripan lain yaitu berisi point-point yang harus dilakukan. Ada yang memakai simbol lingkaran, ada pula yang memakai angka untuk menunjukkan tahapan pembuatannya.

Berdasarkan persamaan teks mekanisme tersebut, ada persamaan lain yang ada pada teks mekanisme di atas, yaitu masing-masing tahapan dan langkah-langkah yang harus dilakukan tidak sanggup diubah urutannya. Jika urutannya diubah maka mekanisme yang dilakukan tidak akan sukses. Misalnya dalam teks mekanisme yang berjudul Cara Membuat Obat Radisional Insomnia langkah  nomro dua dan nomor 1 tidak sanggup ditukar tempatnya. Bayangkan saja kalau sebuah akar kelapa ditumbuk dulu, gres dipoton, masing-masing 4 cm, maka hal tersebut mustahil dilakukan.

Karena sama-sama mempunyai tujuan, maka akan ada hasil yang didapat dari ketiga teks mekanisme di atas.

Demikian klarifikasi mengenai tujuan sebuah teks prosedur. Semoga bermanfaat.

loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close