Contoh Teks Mekanisme | Memperbaiki Dan Melengkapi Teks Mekanisme 'Cara Menciptakan Angklung'

loading...
Kali ini kita akan membahas ihwal acara melengkapi dan memperbaiki teks prosedur. Teks mekanisme yang akan kita perbaiki dan lengkapi ialah jenis teks mekanisme cara menciptakan yang berjudul Cara Membuat Angklung.

Yang dimaksud 'melengkapi' berarti ada bab yang masih belum lengkap, masih belum ada. Selanjutnya yang dimaksud dengan 'memperbaiki' berarti ada kesalahan dalam sebuah teks mekanisme yang disajikan.

Yang perlu diketahui dan diingat, sebuah teks mekanisme mempunyai dua jenis struktur, bergantung pada jenis teks prosedurnya. Jika teks mekanisme cara menciptakan maka strukturnya ada empat yaitu tujuan, materi dan alat, langkah-langkah, dan penutup. Jika teks mekanisme cara melaksanakan maka hanya mempunyai empat bab struktur, yaitu tujuan, langkah, dan penutup. Bagian materi dan alat tidak diharapkan dalam teks mekanisme cara melakukan.

Nah, Teks yang berjudul membuat angklung merupakan jenis teks mekanisme cara membuat, maka harus mempunyai empat struktur. Teks yang ada dalam buku paket pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama ini hanya mempunyai bab langkah-langkah yang terdiri dari tiga bagian. Jadi, yang harus dilengkapi ialah bab tujuan, materi dan alat, serta penutupnya.

Berikut ini hasil pelengkapan teks mekanisme cara menciptakan angklung.

Bagian Tujuan teks Membuat Angklung

Angklung ialah alat musik tradisional yang menjadi warisan budaya Indonesia. Agar lebih menyayangi dan meningkatkan rasa memiliki, kita perlu berguru menciptakan alat musik angklung. Membuat angklung tidaklah sesulit yang dibayangkan. Membuat angklung itu mudah, mari ikuti langkah-langkahnya.

Bagian Bahan dan Alat teks Membuat Angklung.

Bahan:
Batang Bambu

Alat:
Gergaji
Pisau
Bor

Perbaikan bab Langkah-Langkah Teks Membuat Angklung. 

Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam  bab ini ialah jenis kelimat. Kalimat yang harus dipakai ialah kalimat perintah. Selain itu, juga harus mempunyai ukuran dan batasan yang jelas. Maka dari itu, perbaikan yang dapat ditawarkan untuk bab langkah membuah angklung adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: Siapkan Bambu

1. Bersihkan batang bambu dari cabangnya.
2. Potong bambu sepanjang 5 meter (10 ruas).
3. Ikat potongan bambu, kemudian simpan selama 1 tahun.

Langkah Kedua: Siapkan Rangka

1. Ambil batang bambu yang telah kering (setelah penyimpanan 1 tahun).
2. Potong sesuai dengan tiang palang, sebaiknya potongan rapi dan tegak lurus biar rapi ketika digetarkan.
3. Tatalah rangka secara lurus biar tampak rapi ketika digantung.

Langkah Ketiga: Buat Tabung Suara

1. Pilih batang bambu kering dengan diameter yang diinginkan. Semakin besar nada yang dihasilkan semakin rendah.
2. Potong bambu dengan panjang yang dinginkanl Semakin panjang, maka semakin rendah nada yang dihasilkan.
3. Kupas bab atas calon tabung suara.
4. Buat takik pada dasar tabung untuk pengait ke tabung dasar.
5. Haluskan rautan tabung biar nada yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.

BACA JUGA : Contoh Teks Prosedur Membuat Angklung dengan Struktur yang Lengkap

Bagian Penutup teks prosedur. Sebuah bab epilog teks mekanisme harus berisi kalimat yang memotivasi pembaca biar mau melaksanakan tindakan sesuai langkah-langkah yang telah dibuat. Penutup juga harus sesuai dengan isi teks mekanisme secara keseluruhan. Maka bab pentutp teks mekanisme Cara Membuat Angklung bisa berbentuk begini:

Jika kita ikuti masing-masing langkah, maka kita akan dapat menciptakan dan mempunyai angklung sendiri. Selamat menciptakan angklung, mari jaga warisan budaya luhur bangsa!
Demikian pola hasil melengkapi dan memperbaiki teks mekanisme cara menciptakan angklung. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca dan download contoh-contoh teks yang lain ya.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close