Contoh Teks Mekanisme Dengan Kalimat Saran Dan Larangan

loading...
Sebuah teks mekanisme merupakan teks yang berisi cara dan langkah-langkah untuk menciptakan sesuatu dan  atau melaksanakan sesuatu. Nah, untuk mendapat hasil yang maksimal dalam menciptakan maupun melaksanakan sesuatu, diharapkan teks yang lengkap. Selain harus lengkap strukturnya juga harus lengkap isinya.

Teks mekanisme harus lengkap dengan saran dan larangan semoga sanggup menciptakan dan melaksanakan suatu hal dengan hasil yang maksimal. Kalimat saran dalam teks mekanisme diharapkan untuk menyarankan hal-hal atau alternatif tindakan yang terbaik. Sementara kalimat larangan dalam teks mekanisme diharapkan semoga tidak hingga terjadi hal-hal yang berakibat jelek selama proses melaksanakan maupun menciptakan sesuatu dalam teks prosedur.



Berikut ini ialah teladan teks mekanisme yang mengandung saran juga ada larangannya.

Contoh Teks Prosedur: Cara Mematikan Mengganti Kartu Memori SD dengan Benar

Hal yang selalu berkaitan dengan telepon selular ialah kartu memori eksternal (micro SD). Kartu memori eksternal berfungsi untuk menyimpan data tambahan. Ada kalanya kita perlu mengganti kartu tersebut dari telepon kita.  Beginilah langkah-langkah mengganti kartu memori dengan benar.

1. Tutup semua aplikasi telepon seluler kita

2. Tekan tombol 'power' hingga ada keterangan telepon mati.

3. Buka casing dan baterai, jangan buka baterai saat telepon masih menyala.

4. Buka memori eksternal secara perlahan, sebaiknya buka dengan ujung kuku jangan memakai benda tajam.

5. Pasang kartu memori eksternal yang baru, sebaiknya pastikan bahwa kartu tersebut bersih.

6. Pasang kembali baterai dan casing telepon.

7. Hidupkan telepon dengan menekan tombol power, jangan buka aplikasi hingga pembacaan kartu benar-benar selesai.

Telepon gres sanggup dipakai saat pembacaan (scanning) kartu memori dan penyimpanan benar-benar selesai. Dengan demikian, kerja telepon selular kita sanggup lebih maksimal. Jika sayang pada telepon kita, maka lakukan hal ini dengan bijaksana, selamat mencoba!

Dalam teladan teks mekanisme yang berjudul cara mengganti kartu memori SD dengan benar di atas, terdapat dua kalimat saran dan dua kalimat larangan.

Kalimat saran terdapat pada kalimat (langkah) 4 dan langkah 5. Dalam langah tersebut, disarankan untuk memakai kuku, dan disarankan semoga kartu memori yang hendak dipasang bersih.

Adapun larangan terdapat pada langkah 4 dan langkah 7. Larangan yang dipakai dalam teladan teks mekanisme di atas, mengingatkan semoga saat melaksanakan sebuah mekanisme tidak berakibat fatal. Misalnya pelarangan memakai benda tajam, dihentikan alasannya ialah sanggup merusak komponen telepon.

Pengguna telepon selular juga dihentikan membuka aplikasi saat perangkat belum benar-benar siap. Hal ini dihentikan alasannya ialah sanggup mengganggu kinerja telepon. Jika sudah terganggu sanggup jadi merusak keseluruhan sistem yang ada dalam telepon tersebut.

Demikian teladan teks mekanisme yang ada kalimat saran dan kalimat larangan di dalamnya.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close