Perihal Ucapan 'Terima Kasih' Dalam Bahasa Indonesia | Makna, Penulisan Dan Penggunaan

loading...
'Terima Kasih' yaitu sebuah ungkapan yang memperlihatkan rasa hormat, rasa syukur, terhadap pihak yang telah memperlihatkan sesuatu kepada yang mengucapkan. Ucapan terima kasih sanggup disampaikan dari makhluk kepada Khalik (Tuhan) atau kepada sesama makhluk, biasanya sesama manusi.

Berikut ini klarifikasi kata 'Terima Kasih' dalam bahasa Indonesia berkaitan dengan makna, pengunaan dan penulisan.

Makna Ucapan Terima Kasih

Makna atau arti terima kasih ada bermacam-macam, bergantung pada konteks situasinya. Berikut ini daftar makna ucapan terima kasih sesuai dengan konteks dan intonasi pengucapan.

1. Terima kasih = rasa hormat

Contoh dalam kalimat: "Terima kasih sudah sudi meminjamkan daerah kepada kami."

ucapan di atas diucapkan dalam nada yang sangat sopan, dan diucapkan oleh orang yang telah dibantu kepada orang yang membantu.

2. Terima kasih = horee kita pulang

Kata terima kasih yang bermakna 'selesai' dan segera pulang yaitu ucapan terima kasih yang terdapat pada slide terakhir sebuah pemaparan yang sangat usang dan membosankan. Biasanya dalam program seminar dan pembinaan 'wajib' yang terlalu lama. Begitu akseptor melihat tayangan 'terima kasih' maka dalam hati, bahkan dalam mulut, sontak berteriak, horee selesai....

3. Terima kasih = "oke saya terima, kau kini segera pergi"

Biasanya terima kasih dengan makna di atas diucapkan oleh atasan yang judes, dikala menerima laporan dari bawahannya dan mengharap bawahan segera pergi. Pihak atasan biasanya enggan bercakap-cakap terlalu usang dengan bawahannya sebab takut dimintai ini dan itu terlalu banyak. 

5. Terima kasih ="Aku gak papa, kok. Saranmu gak berguna"

Makna terima kasih menyerupai ini sanggup muncul dari konteks begini: seorang cewek yang sedang dikasih saran oleh orang lain, tapi yang memberi saran itu bersama-sama yang menciptakan masalah. Makara diucapkan saja, makasih!

6. Terima kasih = ayolah datanglah ya....

Makna terima kasih di atas terdapat dalam surat undangan. Biasanya ada di pecahan simpulan (penutup surat), atas kehadirannya kami ucapkan terima kasih. Ya kalau sanggup datanglah, masak gak datang. Kalau perlu bawa angpao yang banyak.

7 terima kasih = ayo terus habiskan uangmu di sini!

Makna terima kasih di atas sanggup muncul dalam sebuah ucapan dalam tempat-tempat belanja. Atau tempat-tempat persewaan lainnya.

8. terima kasih = seharusnya kau tahu, awas kalau tidak.

Makna di atas yaitu bentuk kegarangan dari himbauan-himbauwan di ruang publik, contohnya di ruang berpendingin ruangan terdapat goresan pena 'Terima Kasih Telah Tidak Merokok", jikalau diterjemahkan dalam bentuk larangan sanggup sangat sadis himbauan tersebut.

Makn-makna terima kasih di atas, berkaitan eksklusif dengan penggunaannya baik dalam ragam tulis maupun dalam ragam lisan.

Selanjutnya kita bahas ihwal penulisan terima kasih. Mirip dengan padanannya dalam bahasa Inggris, thank you, terima kasih mempunyai bentuk-bentuk penulisan yang beragam. Miskipun lebih bermacam-macam dalam bahasa Inggris, contohnya thank you, thank you very much, thanks a log, thanks.

Dalam bahasa Indonesia juga ada bentuk-bentuk terima kasih yang beragam. Bisa berupa terima kasih banyak, mengucapkan banyak terima kasih, berterima kasih sekali. Dalam bentuk non-formal bentuknya sanggup dipotong menjadi 'makasih', 'makasih banget' dalam bentuk tulis sanggup hanya ditulis 'trims'. Berbeda dengan bentuk 'thanks' dalam bahasa Inggris, kata trims hanya sanggup ditulis (digunakan dalam bentuk tulis) tapi tidak sanggup jikalau dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Itulah sedikit klarifikasi ihwal kata 'terima kasih' agar sanggup memperlihatkan manfaat bagi yang memerlukan.

Sekian dan terima kasih hehehehe.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close