Tanya Jawab Dapodikdas 2015

loading...

A. APLIKASI DATA POKOK PENDIDIKAN DASAR (DAPODIKDAS)

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) Versi 3.0.3
 Tanya Jawab Seputar Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar  Tanya Jawab Dapodikdas 2015

1. Apa itu Aplikasi Dapodikdas?

Sistem Aplikasi Dapodikdas yaitu aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut mencakup sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan berguru (Rombel).

2. Mengapa sekolah harus memakai Aplikasi Dapodikdas?

Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodikdas merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar, secara terintegrasi satu system pendataan.
Data dari Aplikasi Dapodikdas akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar seperti: pertolongan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan program-program lainnya. Oleh sebab itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam acara pendataan Dapodikdas.
 Tanya Jawab Seputar Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar  Tanya Jawab Dapodikdas 2015

3. Apa balasannya jikalau sekolah menolak memakai Aplikasi Dapodikdas?

Data Aplikasi Dapodikdas digunakan sebagai pola data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi sebab data milik mereka tidak akan hingga ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.

4. Apakah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sanggup memakai Aplikasi Dapodikdas?

MI dan MTs berada di bawah naungan Kementerian Agama sehingga tidak sanggup memakai Aplikasi Dapodikdas.

5. Jenjang sekolah mana saja yang didata dalam Aplikasi Dapodikdas?

Jenjang pendidikan dasar yaitu SD, SDLB, SMP, SMPLB, dan SLB. Adapun untuk jenjang menengah ada di naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Dapodikmen).

6. Apakah termasuk sekolah terpencil dan luar negeri?

Ya, tidak terkecuali.

B. HARDWARE

7. Aplikasi Dapodikdas paling baik diinstall di PC atau di laptop?

Disarankan diinstal pada laptop sebab mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi sesuatu dengan Aplikasi Dapodikdas, laptop sanggup dibawa untuk konsultasi perbaikan data dan aplikasi.

8. Bagaimana spesifikasi hardware minimal supaya lancar memakai Aplikasi Dapodikdas?

  • Prosesor minimal Pentium IV
  • Memori minimal 512 MegaByte
  • Media penyimpanan (storage) tersisa minimal 100 MegaByte
  • CD/DVD drive jikalau instalasi melalui media CD/DVD Software.

9. Sistem Operasi (Operating System) apa yang paling baik digunakan untuk Aplikasi Dapodikdas?

Disarankan memakai Windows 7. Meski demikian, Aplikasi Dapodikdas juga sanggup berjalan di Sistem Operasi berikut ini:
  •  Windows XP SP2
  •  Windows VistaWindows 8 (Aplikasi tidak sanggup berjalan di Windows 8 RT)

10. Peramban (Browser) apa yang paling baik digunakan untuk menjalankan Aplikasi Dapodikdas?

Peramban yang direkomendasikan untuk digunakan yaitu Google Chrome atau spark security browser.

11. Bagaimana cara melaksanakan setting supaya Aplikasi Dapodikdas sanggup dibuka di peramban tersebut?

Aplikasi Dapodikdas berjalan di peramban bawaan (default browser) di komputer. Kaprikornus untuk sanggup membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop, silakan setting peramban yang akan digunakan sebagai peramban bawaan di komputer. Aplikasi Dapodikdas juga sanggup diakses dengan mengetik alamat localhost di navigasi peramban.

12. Di mana saya sanggup mengunduh aplikasi tersebut ?

Di laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

C. KODE REGISTRASI

13. Apa yang dimaksud dengan arahan registrasi?

Sebuah arahan unik dan diam-diam yang dibentuk oleh sistem sebagai kunci aktivasi Aplikasi Dapodikdas. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah mempunyai arahan pendaftaran yang berbeda-beda.

14. Apa fungsi arahan registrasi?

Untuk melaksanakan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri data sekolahnya. Kode ini juga sanggup digunakan untuk mengunduh data prefill dan melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Selain itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.

15. Di mana sekolah saya sanggup mendapat arahan registrasi?

Cara mendapatkannya yaitu dengan menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

16. Apa syarat mendapat arahan registrasi?

Syaratnya, sekolah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di dalam referensi Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemendikbud. Apabila belum terdaftar, segera perbaharui ke PDSP atau menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN sanggup dilakukan di referensi.data.kemdikbud.go.id >> Data Master >> pilih jenjang yang diinginkan.

17. Jika tidak mempunyai NPSN, apakah sekolah kami sanggup mendapat arahan registrasi?

Tidak. Solusinya yaitu dengan mengurus NPSN terlebih dahulu. Setelah mempunyai NPSN, otomatis sanggup didaftarkan supaya mendapat arahan registrasi. Hal ini dimaksudkan supaya keabsahan sekolah tersebut resmi terdaftar di Kemendikbud.

18. Apakah NPSN sementara dengan format NPxxxxx sanggup dibuatkan arahan registrasinya?

Ya, Karena itu NPSN sementara yang dikeluarkan PDSP.

19. Apa yang harus dilakukan jikalau lupa dengan arahan pendaftaran sekolah?

Solusinya sanggup segera menanyakan arahan pendaftaran sekolahnya kepada dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

20. Apa balasannya jikalau arahan pendaftaran diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?

Kode pendaftaran itu bersifat rahasia. Kaprikornus jangan hingga diberitahukan ke sekolah lainnya sebab menyangkut data masing-masing sekolah. Dikhawatirkan kalau hingga diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

21. Apakah arahan pendaftaran tahun pemikiran 2014/2015 ini sama dengan tahun sebelumnya?

Ya. Namun jikalau sekolah ingin mengubah arahan pendaftaran sebab sesuatu hal, maka sanggup diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

22. Apa fungsi lain dari arahan registrasi?

Selain untuk arahan aktivasi juga sanggup digunakan untuk mengunduh data prefill per sekolah melalui dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Di samping itu juga untuk menilik data individu sekolah di progres pengiriman untuk memastikan datanya sudah sama dengan di server.

23. Untuk sekolah baru, bagaimana mekanisme mendapat arahan registrasi?

Melalui dinas pendidikan kabupaten/kota.
Ajukan nomor NPSN ke PDSP dengan melampirkan dokumen-dokumen kelengkapan manajemen perizinan sekolah dan SK izin operasional. Setelah mendapat NPSN maka sanggup mengajukan arahan pendaftaran ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

24. Apa akhir bila arahan pendaftaran digunakan oleh dua sekolah atau lebih?

Akibatnya akan fatal. Data kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu. Ini sangat tidak dianjurkan. Karena itu, pastikan arahan pendaftaran tersebut benar-benar milik sekolah Saudara dan tidak diketahui oleh orang lain.
Bila sudah telanjur, solusinya yaitu generate ulang prefill dan lakukan mekanisme instalasi menyerupai semula dengan memakai data prefill yang baru. Bersihkan data berganda tersebut kemudian lakukan sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua minta ke dinas kabupaten/kota untuk dibuatkan arahan pendaftaran baru.

25. Apakah sanggup mengubah arahan registrasi?

Ya , melalui akomodasi ubah/reset arahan pendaftaran di dinas kabupaten/kota. Fitur ini dimaksudkan ketika arahan pendaftaran diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab atau pergantian operator, maka perubahan ini sanggup dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.Reset arahan pendaftaran tidak menghilangkan data. Namun yang perlu diingat, arahan pendaftaran usang yang sudah direset tidak sanggup melaksanakan sinkronisasi.

26. Kode pendaftaran ini apakah untuk keperluan manajemen kelembagaan?

Tidak. Kode pendaftaran ini hanya untuk kebutuhan teknis operasional penggunaan Aplikasi Dapodikdas saja, bukan sebagai nomor administratif menyerupai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) maupun Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

27. Apakah arahan pendaftaran bersifat permanen?

Ya, selama pendataan Dapodikdas masih berjalan secara berkelanjutan.

D. DATA PREFILL

28. Apa definisi data prefill?

Prefill yaitu data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini yaitu database sekolah hasil pengiriman terakhir dari sekolah. Prefill ini sebagai data awal supaya data tahun pemikiran sebelumnya sanggup berlanjut ke data tahun pemikiran berjalan. Selain itu supaya operator sekolah tidak melaksanakan input data untuk kedua kalinya.

29. Apakah fungsi data prefill?

Data prefill berfungsi untuk pendaftaran dan berisi data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya.

30. Dimana sanggup mendapat data prefill?

Data prefill sanggup didapat di alamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php

31. Apa yang dimaksud dengan generate data prefill?

Updating data awal prefill dari hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server terakhir.

32. Dimana akomodasi generate prefill?

Generate prefill sanggup dilakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat untuk generate prefill adalah:
http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php. Fasilitas ini semacam simpan lokal secara nasional.

33. Kalau komputer bermasalah (hilang, rusak, atau ganti komputer) apa yang harus dilakukan?

Lakukan generate ulang prefill, unduh, kemudian lakukan mekanisme aplikasi dari awal. Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan supaya operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika mekanisme ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, sebab data di server sudah pernah ada.

34. Apakah sanggup memakai data prefill tahun pemikiran sebelumnya?

Tidak bisa, sebab struktur berbeda dan data tahun sebelumnya sudah melalui proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Anda memakai data prefill terbaru untuk melaksanakan proses input data di tahun pemikiran baru.
 Tanya Jawab Seputar Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar  Tanya Jawab Dapodikdas 2015

E. INSTALASI APLIKASI

35. Dimana sanggup didapatkan master installasi Aplikasi Dapodikdas?

Master Aplikasi Dapodikdas sanggup diunduh lewat alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ pada potongan unduh aplikasi.

36. Apa fungsi Pengaturan Port dalam proses installasi Aplikasi Dapodikdas?

Fungsinya untuk memilih letak server lokal yang akan diinstalkan dan bertujuan supaya aplikasi sanggup berjalan sempurna. Tidak perlu ubah port ketika instalasi. Biarkan sistem mengaturnya.

37. Bagaimana jikalau installasi aplikasi berhenti di potongan konfigurasi server?

Bisa jadi port defaultnya sudah terpakai sehingga aplikasi tidak mau terinstal. Solusinya segera hapus aplikasi yang memakai port default Aplikasi Dapodikdas.

38. Bagaimana cara melaksanakan uninstall Aplikasi Dapodikdas?

Buka control panel > Program and Features> Dapodikdas > klik uninstall.
Kemudian akan muncul kotak kecil berisi pernyataan menghapus aplikasi > pilih Ya. Tunggu hingga muncul keterangan Aplikasi Dapodikdas berhasil dihapus dari komputer Anda.
 Tanya Jawab Seputar Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar  Tanya Jawab Dapodikdas 2015

39. Apa yang terjadi sehabis pendaftaran dengan file prefill ini?

File terebut akan hilang dengan sendirinya sehabis pendaftaran berhasil. Hal ini dimaksudkan supaya penggunaan file ini hanya satu kali saja sehabis sekolah melaksanakan proses input data. Selanjutnya memakai mekanisme generate ulang prefill.
 Tanya Jawab Seputar Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar  Tanya Jawab Dapodikdas 2015

F. REGISTRASI

40. Data apakah yang diinputkan ketika registrasi?

  •  Nama Lengkap
  •  Username (email)
  •  Password
  •  Konfirmasi Password
  •  Nomor handphone
  •  Nomor telepon
  •  Yahoo messenger
  •  Skype
  •  Kode Registrasi
Nama : Lakukan input sesuai nama lengkap operator sekolah sebagai PIC (penanggung jawab teknis data sekolah)
Username (email) : usahakan unik, maksudnya 1 sekolah memakai 1 email yang berbeda dengan yang lain.
Nomor telepon : ini yaitu nomor handphone operator sekolah, diawali 08xxx… ini sebagai narahubung jikalau ada informasi.
Kode pendaftaran : pastikan arahan pendaftaran ini yaitu milik sekolah Anda.

41. Apa yang harus dilakukan jikalau ketika pendaftaran muncul keterangan “kode pendaftaran tidak ditemukan”?

Cek pada folder prefill yang ada di C:/ prefill_dapodik, apakah prefill-nya sudah diunduh dan disimpan pada folder tersebut atau belum. Kalau belum maka segera unduh prefill-nya pada alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ pada potongan unduhan Download Data Prefill, kemudian masukkan arahan registrasi. Setelah itu klik unduh di goresan pena sini. Langkah selanjutnya simpan di folder C:/ prefill_dapodik.

loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close